100 Most Beautiful Ancient Cities in China

100 Most Beautiful Ancient Cities in China

B. Daerah Sekolah Menengah Atas apa yang dimaksud dengan"mambakik batang tarandam" bagi bahasa Minang?

tolong di jawab ya​

apa yang dimaksud dengan"mambakik batang tarandam" bagi bahasa Minang?

tolong di jawab ya​

>>Penjelasan

Mambangkik Batang Tarandam* terdengar asing oleh sebagian kita. Namun kalimat ini hal yang biasa dan lumrah di kalangan orang minangkabau. Banyak yang mengartikan dan menafsirkan arti dari kalimat *Mambangkik Batang Tarandam* di antaranya adalah orang yang tidak mampu mencoba untuk berhasil. Ada juga yang mengartikan menumbuhkan kembali nilai2 positif yang berjaya di masa dulu, di hidupkan kembali di masa sekarang. Ada juga yang mengartikan menumbuhkan semangat untuk mengembalikan sesuatu yang telah lam hilang.

Banyak arti dan definisi *Mambangkik Batang Tarandam* . Namun jika kita lihat arti per kata, Mambangkik adalah Membangkitkan. Sedangkan Batang adalah Pohon atau pokok kayu. Serta Tarandam adalah terdiam dalam air. Sehingga ada juga yang mengartikan : Membangkitkan kembali marwah/kehormatan yang telah lama terpendam/terabaikan karena suatu keadaan.

Dalam dunia dakwah, mungkin bisa di artikan kesemangatan yang mulai memudar, namun kembali hadir dengan nuansa yang berbeda. Sebut saja *Palanta Dakwah*. Khas dengan candaan dan kesederhanaan serta konsep yang di ciptakan santai bicara dakwah. Di serambi mesjid, atau di tempat ngopi. Semangat ini lahir di rantau, seolah *Mambangkik Batang Tarandam*, mengingat dan melanjutkan perjuangan dakwah, para inyiak, buya yang dulu berdakwah dengan khasnya masing-masing.

Detail Jawaban :

  • Mapel : Bahasa Lain
  • Materi : Mambakik batang
  • Kelas : XI
  • Kunci : Jadi Rangking Satu

[answer.2.content]